Tinjau Renovasi Sarinah, Menteri PUPR: Perhatikan Estetika Bangunan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) meninjau proyek taman di Komplek GBK,Senayan, 10 Mei 2018. Basuki Hadimoeljono telah memberikan janjinya untuk segera menyelesaikan seluruh arena pertandingan. TEMPO/Fakhri Hermansyah

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meninjau proses pemugaran/renovasi Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta, pada Jumat, 29 Januari 2021.

Dalam tinjauan tersebut, Basuki dipandu oleh Direktur Operasi III PT. Wijaya Karya Sugeng Rochadi meninjau lokasi renovasi termasuk sebuah karya seni rupa patung relief yang menjadi bagian cagar budaya yang dibuat oleh kelompok seniman Yogyakarta pada masa konstruksi Gedung Sarinah 1962-1966.

Dalam tinjauan itu, Basuki berpesan agar kualitas pondasi dan tiang gedung lama dalam pekerjaan renovasi diperhatikan untuk menjamin keamanan bangunan. “Agar juga lebih diperhatikan hasil estetika bangunannya,” Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Sabtu, 30 Januari 2021.

Sebagai bentuk transformasi, Gedung Sarinah akan mengubah konsep desain menara dan podium kepada bentuk aslinya. Namun secara fungsi, gedung tersebut dirancang sebagai smart dan green building atau gedung pintar dan hijau yang dilengkapi dengan tempat area berkumpul dan penyediaan co-working space yang modern.

 

sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1428115/tinjau-renovasi-sarinah-menteri-pupr-perhatikan-estetika-bangunan/full&view=ok