Konstruksi Bandara Yogyakarta Diklaim Tahan Gempa Magnitudo 8,8

Bandara YIA bakal meningkatkan jumlah penumpang ke Yogyakarta dan membuka rute-rute baru. Selain itu, bisa mendorong peningkatan wisatawan ke Yogyakarta. Dok. Kemenparekraf

Jakarta – PT PP (Persero) menilai konstruksi perencanaan desain struktur Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kulon Progo, mampu menahan gempa 8,8 magnitudo dan menerapkan paramater gempa baru sebagai antisipasi tsunami dan likuefaksi.

“Proyek yang dimiliki oleh PT Angkasa Pura I (Persero) didesain dengan struktur bandara yang dimitigasi terhadap gempa dan tsunami,” kata Direktur Utama PT PP (Persero) Novel Arsyad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Pihaknya berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Bandara Internasional Yogyakarta tercepat di Indonesia dengan menerapkan aplikasi Building Information Modelling (BIM) selama masa konstruksi.

Dari sisi pembangunan airside, pelaksanaan pembangunan tersebut dapat diselesaikan dengan cepat dalam waktu delapan bulan. Selain itu landas pacu (runway) bandara tersebut dapat menampung pesawat terberat yaitu Boeing 777 dengan kapasitas penuh dan pesawat terbesar yaitu Airbus 380.

 

sumber: https://tekno.tempo.co/read/1376211/konstruksi-bandara-yogyakarta-diklaim-tahan-gempa-magnitudo-88/full&view=ok